VISI: Unggul dalam Prestasi di Bidang IPTEK

A. Organisasi dan Manajemen

  1. Sekolah menerapkan pola manajemen yang terbuka, bersih dan transparan.
  2. Ada partisipasi yang optimal dari warga sekolah dalam proses pengambilan keputusan.
  3. Sekolah memiliki Visi dan Misi yang jelas, disepakati dan dipahami warga sekolah.
  4. Sekolah memiliki Rencana Strategis untuk 10 tahun ke depan yang disepakati warga sekolah.
  5. Sekolah memiliki program jangka menengah (5 tahun) yang disepakati warga sekolah.
  6. Sekolah memiliki program jangka pendek (1 tahun) yang disepakati warga sekolah.
  7. Sekolah memiliki RAPBS yang lengkap/komprehensif, realitas dan akuntabel dan disepakati warga sekolah.
  8. Memiliki nilai-nilai dan kultur sekolah dalam rangka membangun etos kerja dan budi pekerti luhur yang disepakati warga sekolah.
  9. Semua program/kebijakan terencana dengan baik, dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang terkait, konsepsional dan benar menurut ketentuan yang berlaku.
  10. Manajemen sekolah memiliki komitmen yang jelas untuk melaksanakan semua kewajiban tepat waktu, tepat aturan terhadap instansi atasan atau instansi terkait.
  11. Semua kebijakan sekolah dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak lain yang terkait, pemerintah dan masyarakat.
  12. Manajemen sekolah melakukan upaya maksimal untuk memberdayakan warga sekolah.
  13. Manajemen sekolah bekerja dengan sikap adil, proaktif, kreatif dan inovatif.
  14. Sekolah memiliki teamwork yang cerdas, kompak, dan produktif.
  15. Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap, efisien untuk semia satuan/unit kegiatan.
  16. Setiap struktur organisasi di sekolah dilengkapi dengan mekanisme kerja dan uraian tugas masing-masing.
  17. Sekolah memiliki data yang lengkao untuk semua unit kegiatan; mudah dibaca, akurat, mudah ditemukan dan berdaya guna.
  18. Warga sekolah memiliki budaya disiplin, kerja keras, tertib, teratur, ramah, santun, jujur, dan saling menghargai.
  19. Setiap personil tahu apa yang harus dikerjakan, bagaimana melakukan, ala tapa yang dibutuhkan, kapan harus diselesaikan, dengan siapa harus bekerja sama, apa target yang diinginkan, apa alat ukur keberhasilannya, kepada siapa harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
  20. Hamper tidak ada pelanggaran tata tertib guru, karyawan, dan siswa-siswi.
  21. Rata-rata tingkat kehadiran guru/karyawan/siswa-siswi sekurang-kurangnya mencapai 99% tip bulan.
  22. Semua satuan kegiatan diterbitkan surat kepuusan, surat tugas beserta uraian tugasnya.
  23. Setiap kegiatan diawali dengan perencanaan yang matang, cermat, dan realistis.
  24. Semua guru/karyawan dapat diteladani oleh para siswa.
  25. Semua guru/karyawan memiliki program kerja, evaluasi program kerja, dan program tindak lanjut.
  26. Sekolah dan warga sekolah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan lingkungan.
  27. Kesejahteraan guru/karyawan terus meningkat dan konsisten menuju sekolah dengan kesejahteraan guru/karyawan yang terbaik, adil,dan membangun motivasi kerja.

B. Kurikulum dan Pembelajaran

  1. Sekolah memiliki dokumen yang lengkap beserta pedoman operasionalnya.
  2. Semua guru memiliki dokumen kurikulum yang lengkap beserta pedoman operasionalnya sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.
  3. Ada kalender pendidikan/akademik.
  4. Ada perhitungan hari/minggu efektif.
  5. Ada program pembelajaran tahunan.
  6. Ada program semester.
  7. Ada silabus dan pedoman penilaian untuk setiap bidang studi.
  8. Ada scenario pembelajaran/rencana pembelajaran.
  9. Ada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk setiap bidang studi yang dibuat sesuai prosedur.
  10. Ada jadwal kegiatan belajar mengajar yang dibuat sesuai prinsip didaktik/kurikulum.
  11. Proses kegiatan belajar berlangsung tertib dan efektif.
  12. Proses kegiatan belajar berlangsung aktif, interaktif, dan kolaboratif.
  13. Sebanyak 70% guru mampu berperan optimal sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.
  14. Sebanyak 70% guru melaksanakan pembelajaran menggunakan modul/bahan ajar.
  15. Semua kegiatan praktik laboratorium IPA menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS).
  16. Tersedia buku pegangan guru/siswa untuk semua bidang studi.
  17. Ada agenda mengajar guru.
  18. Ada daftar hadir guru/siswa.
  19. Ada daftar nilai.
  20. Ada program belajar tuntas.
  21. Ada laporan hasil belajar tuntas.
  22. Ada pedoman kenaikan kelas.
  23. Ada pedoman kelulusan.
  24. Ada pedoman penjurusan.
  25. Penilaian terhadap hasil belajar siswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  26. Prosentase absensi guru/siswa mendekati nol persen (0%).
  27. Ada jumlah kemajuan kelas yang diisi dengan tertib.
  28. Ada catatan hambatan belajar siswa yang dimiliki oleh setiap guru.
  29. Ada evaluasi hasil belajar siswa.
  30. Ada analisis hasil belajar siswa.
  31. Ada dokumen hasil kegiatan belajar mengajar.
  32. Sekurang-kurangnya 40%, guru telah melaksanakan pembelajaran berbasis TI.

C. Pengembangan Ketenagaan

  1. Semua guru bertugas/mengajar sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Jumlah guru tersedia sesuai dengan kebutuhan.
  3. Serendah-rendahnya guru berpendidikan S1.
  4. Semua guru lulusan LPTK atau perguruan tinggi lain ditambah akta mengajar.
  5. GTT dan PTT yang diangkat, dipilih yang terbaik dari hasil tes yang obyektif.
  6. Ada tata tertib guru dan karyawan yang dipahami dan ditaati guru dan karyawan.
  7. Semua guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan KBK.
  8. Semua guru/karyawan memahami dan mengerti bidang tugasnya.
  9. Semua guru/karyawan memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugas masing-masing.
  10. Setiap guru membuat program pengajaran.
  11. Ada laporan hasil penataran/pelatihan.
  12. Semua guru peka dan responsif terhadap permasalahan dan perilaku negatif siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budi pekerti luhur.
  13. Semua guru/karyawan mengenakan seragam sesuai ketentuan.
  14. Ada perhitungan kebutuhan guru/staff.
  15. Kenaikan pangkat guru/staf berjalan lancar.
  16. Sekurang-kurangnya 75% guru/karyawan dapat memanfaatkan komputer untuk administrasi sesuai dengan bidang tugasnya.
  17. Sekurang-kurangnya 60% guru/staff dapat mengaplikasikan teknologi informatika untuk menunjang bidang tugasnya.
  18. Ada program dan pelaksanaan koordinasi staff.

D. Pengembangan Sarana dan Prasarana

  1. Ada satu ruang kepala sekolah lengkap dengan perabot yang memenuhi standar.
  2. Ada satu ruang wakil kepala sekolah lengkap dengan perabot yang memenuhi standar.
  3. Ada satu ruang guru lengkap dengan perabotnya.
  4. Ada satu ruang tata usaha lengkap dengan perabot dan peralatan kantor yang memenuhi standar.
  5. Ada satu ruang perpustakaan lengkap dengan perabot dan peralatan kerja yang memenuhi standar.
  6. Ada satu ruang rapat (besar) lengkap dengan perabot dan alat audio visual yang memenuhi standar.
  7. Ada satu ruang bimbingan konseling lengkap dengan perabot dan peralatannya.
  8. Ada satu ruang UKS lengkap dengan perabot dan peralatan kerja yang memenuhi standar.
  9. Ada ruang tamu lengkap dengan perabot yang memenuhi standar.
  10. Ada tiga ruang kantin lengkap dengan perabot yang memenuhi standar.
  11. Ada satu ruang satpam lengkap dengan perabot yang memenuhi standar.
  12. Ada empat unit tempat sepeda siswa yang memenuhi standar.
  13. Ada satu unit tempat sepeda guru yang memenuhi standar.
  14. Ada satu unit masjid lengkap dengan peralatannya yang memenuhi standar.
  15. Ada satu rumah jaga sekolah lengkap dengan perabot yang memenuhi standar.
  16. Ada lapangan olahraga untuk semua kegiatan KBM olah raga yang memenuhi standar.
  17. Ada semua jenis peralatan olahraga yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup dan memenuhi standar.
  18. Ada delapan belas ruang kelas (teori) lengkap dengan perabot yang memenuhi standar.
  19. Ada satu ruang koperasi siswa lengkap dengan peabot yang memenuhi standar.
  20. Ada satu ruang laboratorium biologi lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  21. Ada satu ruang laboratorium kimia lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  22. Ada satu ruang laboratorium fisika lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  23. Ada satu ruang laboratorium bahasa lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  24. Ada satu ruang laboratorium komputer dan teknologi informatika lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  25. Ada satu ruang laboratorium internet lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  26. Ada satu ruang AVA yang memenuhi standar.
  27. Ada satu ruang seni tari lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  28. Ada satu ruang seni music lengkap dengan perabot dan peralatannya yang memenuhi standar.
  29. Ada dua gudang yang memenuhi standar.
  30. Ada satu toilet khusus ruang guru, satu toilet karyawan, satu toilet kepala sekolah, satu toilet tamu dan delapan unit toilet siswa yang memenuhi standar.
  31. Tersedia jaringan arus listrik dan lampu yang cukup dan berfungsi optimal.
  32. Tersedia jaringan dan arus air yang cukup dan berfungsi optimal.
  33. Tersedia sekurang-kurangnya dua puluh unit tempat duduk/istirahat siswa.
  34. Tersedia fasilitas kebersihan yang cukup yang memenuhi standar.

E. Pembinaan Kesiswaan

  1. Ada pengurus OSIS dan uraian tugasnya.
  2. Ada struktur organisasi OSIS dan mekanisme kerjanya.
  3. Ada tim Pembina OSIS yang aktif, kreatif dan proaktif.
  4. Ada program kerja OSIS.
  5. Seluruh program OSIS terselenggara dengan baik efisien dan efektif.
  6. Ada administrasi dan dokumen kegiatan OSIS yang lengkap akurat dan mudah ditemukan.
  7. Ada rencana pendapatan dan belanja OSIS.
  8. Ada laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan OSIS.
  9. Ada tata tertib siswa yang efektif dan diberdayakan secara optimal, sehingga siswa memiliki dan berperilaku sesuai dengan budi pekerti luhur.
  10. Sekurang-kurangnya masuk peringkat dua dominasi kejuaraan bidang kesiswaan antar-SMA di tingkat kabupaten.
  11. Sekurang-kurangnya masuk peringkat dua dominasi kejuaraan lomba bidang karya tulis ilmiah, olahraga dan seni pada tingkat kabupaten.
  12. Ada tim pengelola khusus kegiatan ekstrakurikuler.
  13. Ada kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pembinaan bakat minat dan prestasi yang diselenggarakan dengan tertib dan efektif.
  14. Ada kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan keterampilan yang diselenggarakan dengan tertib dan efektif.
  15. Ada kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka peningkatan mutu akademik yang diselenggarakan dengan tertib dan efektif.
  16. Ada administrasi dan dokumentasi seluruh kegiatan ekstrakurikuler yang lengkap, akurat dan mudah ditemukan.
  17. Sekolah memiliki tim Tonti yang handal di tingkat kabupaten.
  18. Sekolah memiliki grup musik/band yang handal di tingkat kabupaten.
  19. Sekolah memiliki grup tari yang disegani di tingkat kabupaten.
  20. Sekolah memiliki klub basket yang disegani di tingkat kabupaten.
  21. Sekolah memilik grup debat Bahasa Inggris yang handal di tingkat kabupaten.
  22. Persentasi ketidakhadiran siswa tanpa keteranga mendekati nol persen.
  23. Persentasi ketidakhadiran siswa maksimal rata-rata 0,25% per bulan.
  24. Ada tim penelusuran tamatan.
  25. Ada hasil penelusuran tamatan.
  26. Setiap kegiatan upacara diikuti oleh seeluruh siswa dengan tertib dan disiplin.
  27. Kegiatan pembinaan keimanan dan ketakwaan dapat diikuti oleh seluruh siswa dengan tertib dan efektif.
  28. Pelanggaran tata tertib rendah.
  29. Siswa yang dikenai tindakan skorsing/dikembalikan pada orangtua nol persen.
  30. Terselengara kegiatan penyuluhan hukum, penyalahgunaan narkoba dan reproduksi remaja.