VISI: Sekolah Berbudaya Lingkungan

A. Organisasi dan Manajemen

  1. Ada visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
  2. Ada kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan berbudaya lingkkungan.
  3. Ada kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam.
  4. Ada kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
  5. Ada kebijakan sekolah untuk mengalokasikan dana untuk kegiatan yang terkait dengan budaya lingkungan.

B. Kurikulum dan Pembelajaran

  1. Tersusun dalam pengembangan model pembelajaran lintas pelajaran.
  2. Ada pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.
  3. Ada pengembangan metode belajar berbasis ingkungan dan budaya.
  4. Ada pengembangan kegiatan kurikuler untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan.

C. Pengembangan Ketenagaan

  1. Ada kebijakan peningkatan kaasitas SDM (tenaga pendidik dan nonpendidik) di bidang pendidikan budaya lingkungan.
  2. Ada tenaga khusus sanitasi sekolah.
  3. Ada tenaga pendidik memiliki kompetensi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
  4. Ada tenaga pemeliharaan dan permbersihan drainase di dalam dan di lingkungan sekolah (sampah, gulma dan sedimen).

D. Pengembangan Sarana dan Prasarana

  1. Membuat jadwal dan mekanisme untuk kegiatan pembersihan toilet sekolah.
  2. Pengadaan air bersih yang menuckupi untuk semua warga sekolah.
  3. Pengembangan fungsi sarana pendukung untuk pendidikan lingkungan hidup.
  4. Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan.
  5. Penghematan sumber daya alam (listrik, air dan ATK) dan meningkatan kualitas makanan sehat.
  6. Penempatan lokasi kantin yang memenuhi syarat kebersihan (tidak dekat denga WC/TPS).
  7. Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak (masyarakat, pemerintah, swasta, media, sekolah lain) dalam melaksanakan kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

E. Pembinaan Kesiswaan

  1. Pembiasaan diri peserta didik melalui berbagai disiplin yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan di sekitar sekolah.
  2. Pengembangan kreatifitas peserta didik dalam mengelola lingkungan dengan berdasarkan pada nilai/etika lingkungan.
  3. Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran perlindungan dan pengelolaan lingkungan.
  4. Ada kegiatan dalam ekstrakurikuler dtau kokurikuler yang mendukung pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup di lingkungan sekolah.
  5. Ada upaya pengelolaan sampah dalam menunjang kebersihan dan kesehatan sekolah.